TS 1 ( GEBYAR UKMPR)… SUKSES bagi kader-kader baru UKMPR !!!

Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset atau UKMPR merupakan suatu wadah bagi mahasiswa yang  bergerak di bidang penalaran dan riset.  UKMPR mempunyai misi meningkatkan kemampuan  mahasiswa UNSOED dalam bidang penulisan yang berbasis Penalaran dan Riset. Penalaran dan Riset adalah suatu hal yang tidak dapat di pisahkan dari kehidupan mahasiswa sebagai Agen Of Change. Mahasiswa sebagai agen perubahan, tentu memiliki posisi strategis guna merubah kehidupan bangsa ini. Penalaran dan riset merupakan suatu bentuk Real dari  pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat sekitar.

Peningkatan kesadaran pada mahasiswa dalam mengabdikan diri kepada masyarakat melalui sebuah penalaran dan riset sangatlah diperlukan. UKMPR sebagai lembaga yang telah diakui di tingkat Universitas berupaya menggali potensi-potensi mahasiswa UNSOED  dalam bidang keilmiahan dengan terus mengadakan kaderisasi anggota. Salah satu bentuk kaderisasi anggotanya, UKMPR mengadakan sebuah kegiatan yang bertajuk  Training Soedirman 1. Training Soedirman 1 ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran bagi mahasiswa dalam bidang keilmiahan.

Training Soedirman 1 tahun ini, UKMPR mengangkat tema GEBYAR ( Gembira dan Belajar Bersama UKMPR). Tujuan diadakan kegiatan ini adalah untuk mengajak mahasiswa  yang pada mulanya belum mengerti terkait teknik penulisan berbasis penalaran dan riset  kemudian  menjadi tertarik. Kegiatan Training Soedirman 1 ini cukup sederhana karena hanya menampilkan sebuah permainan-permainan seperti autbound.  Dalam permainan Outbound ini didalamnya tersirat sebuah makna yang dapat meningkatkan kesadaraan mahasiswa dalam bidang keilmiahan. Asumsi dari diadakannya kegiatan Outbound ini adalah membentuk sebuah mainset kepada mahasiswa bahwa untuk focus pada bidang keilmiahan  seperti penelitian tidaklah sulit dan merupakan hal yang menyenangkan.

Melalui Kegiatan Training Soedirman 1 yang diadakan oleh UKMPR, dikatahui  bahwa ternyata mahasiswa-mahasiswa UNSOED memiliki kreatifitas yang sangat tinggi. Mahasiswa sekaligus peserta kegiatan Training Soedirman1 ini mampu membuat sebuah karya unik hanya dari bahan-bahan yang mereka temukan di sepanjang jalan seperti daun, ranting pohon, kertas dan lain sebaginya. Hal ini menunjukan bahwa mahasiswa UNSOED  sangat kreatif dan dapat mendaur ulang barang-barang yang sudah dianggap tidak berguna lagi  Selain itu, para peserta Training Soedirman 1 ini juga telah dapat membaca isu-isu dalam masyarakat serta dapat memecahkan suatu permasalahan yang tidak terduga. Hal ini dapat di jadikan sebuah acuan bahwa ternyata dalam diri seseorang terlebih  mahasiswa memiliki kemampuan menjadi pemimpin dan mengatasi segala permasalahan yang tidak pernah mereka duga dengan menggunakan intelektualitas yang dimilikinya.

Training Soedirman 1 ini merupakan salah satu upaya pengkaderisasi bagi UKMPR dan sekaligus dapat berupaya untuk meningkatkan kesadaran mahasiswa untuk dapat bergerak di bidang keilmuan. Setelah diadakannya kegiatan Training Soedirman 1, terdapat kegiatan lanjutan yaituSoedirman Science School (S3). Soedirman Science School ini merupakan sebuah pembinaan mengenai kepenulisan ilmiah kepada mahasiswa yang telah mengikuti Training Soedirman 1  dan delegasi dari UKM keilmuan tingkat Fakultas. Sehingga Training Soedirman 1 ini merupakan sebuah gerbang awal bagi mahasiswa untuk menjadi anggota dari Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset  dan sebagai upaya peningkatan kemampuan dalam kepenulisan ilmiah.  Dengan demikian seorang mahasiswa tidak hanya menjadi apatis tetapi mulai  peduli kepada kondisi masyatakat sekitar dengan mengembangkan bidang-bidang ilmu yang telah di tekuninya.