Contoh konsep proposal PKMK ini secara konsep sudah bagus. Proposal PKMK ini salah satu yang diterima di DIKTI tahun 2008. untuk format sesuaikan dengan aturan DIKTI

USAHA DIGITAL PRINTING

I. Pendahuluan

1.Latar Belakang dan Motivasi Melakukan Usaha

1.1 Latar Belakang

Teknologi komputer dan printer yang ada sekarang, telah memungkinkan kita untuk mencetak tidak hanya teks dan gambar sederhana, namun sudah dapat mencetak dengan hasil kualitas foto. Bahkan apabila menggunakan kertas khusus untuk foto, hasilnya menyerupai cetak foto.

Teknologi komputer dan printer yang semakin canggih, menjadikan hasil yang diperoleh akan semakin baik, dan proses produksi menjadi semakin cepat dan mudah.

Melihat potensi lingkungan sekitar permintaan akan teknologi print digital yang semakin meningkat dalam kegiatan-kegiatan umum maupun pribadi seseorang, maka usaha digital printing mempunyai pangsa pasar prospektif dan tidak pernah surut. Oleh karena itu peluang usaha di bisnis ini bisa dikatakan cukup menjanjikan.

1.2 Motivasi Melakukan Usaha

Motivasi dari calon tim pelaksana dan mahasiswa peserta antara lain :

a. Mengembangkan jiwa wirausaha dan melatih kemandirian dengan membuka usaha sendiri

b. Mengaplikasikan pengetahuan dan ketrampilan yang diperoleh

c. Menjadi manusia yang bermanfaat mulai dari diri, keluarga, dan lingkungan sekitar.

2. Justifikasi Pemilihan Obyek Usaha

Selain investasi yang dibutuhkan untuk usaha ini terbilang sangat minim, usaha digital priting ini cocok juga dikembangkan di banyak segmen, dari mulai home industri, tempat usaha yang strategis seperti pusat keramaian, pusat perbelanjaan, perumahan, sekolah, sampai dengan kebutuhan untuk perkantoran.

Lokasi usaha di sekitar kampus Unisbank Semarang merupakan tempat yang sangat strategis, selain berada di pusat kota, lokasi ini juga menyatu dengan pemukiman penduduk yang cukup ramai. Hal ini merupakan potensi yang sangat mendukung dari usaha ini.

3. Tujuan usaha yang hendak dicapai

Tujuan usaha yang hendak dicapai adalah:

a. Menumbuhkembangkan jiwa wirausaha mahasiswa

b. Membuat usaha yang menguntungkan dan berkelanjutan

c. Mensinergikan antara cetak digital dan desain grafis dengan teknologi komputer

II. ANALISIS PRODUK

1. Jenis, Nama dan Karakteristik Produk

Jenis produk-produk yang dihasilkan atara lain:

a. Cetak Foto Digital

1. Mencetak foto dengan berbagai ukuran seperti 2×3, 3×4, 4R, 10R

2. Mencetak dari berbagai media seperti CD, Flash Disk, Handphone, Memo Card, Kamera Digital, dan media penyimpanan lainnya.

b. Kartu nama

Menghasilkan kartunama yang cepat dan bisa di desain sesuai permintaan

pelanggan. Ada beberapa pilihan kertas, yaitu, Linen, Matt paper, dan Glossy

c. Print Kop Surat dan Amplop

Dapat memesan sesuai kebutuhan, tidak harus dalam jumlah banyak (1rim) seperti

sablon atau cetak offset.

d. Print Label dan Cover CD

Pelanggan dapat memilih 2 jenis label untuk CD yaitu Hvs atau Glossy

e. Print Full Colour Ukuran A4

Ada beberapa kertas yang bisa dipilih yaitu, Hvs, Glossy, Inkjet, Matt paper, Linen. Kertas yang tidak tahan air dapat dilaminasi sehingga hasil printingnya dapat tahan air.

2. Keunggulan produk dibanding produk lain di pasaran

Produk jasa yang ditawarkan ini mempunyai suatu keunggulan yakni:

a. Proses pengerjaannya menggunakan teknologi komputer sehingga lebih efisien

dibandingkan dengan cara konvensional (sablon).

    1. Tanpa minimum order, sehingga pelanggan dapat memesan sesuai kebutuhan dan anggaran mereka.
    2. Dapat dikerjakan secara cepat atau instant (15 menit jadi).
    3. Bisa di tunggu

3. Keterkaitan dengan Produk lain Termasuk Perolehan Bahan Baku

· Dalam menyediakan produknya digital printing membutuhkan barang-barang antara lain:

a. Komputer

b. Printer kualitas foto

c. Scanner

d. Card Reader

e. Bluetoth

f. Infra Red

g. Macam-macam kertas untuk media cetak

· Identifikasi sumber tempat membeli barang-barang tersebut

a. Toko komputer dan aksesoris

b. Toko kertas

c. Toko alat – alat tulis kantor

III. ANALISIS PASAR

1. Profil konsumen

a. Masyarakat yang saat ini banyak menggunakan kamera digital, hand phone, atau handycam untuk mendokumentasikan kejadian-kejadian atau kegiatan kegiatan yang dilakukannya baik individu maupun organisasi seperti acara seminar, pernikahan, pelatihan, pameran, atau launching suatu produk.

b. Perusahaan yang membutuhkan media promosi untuk produknya, seperti kartu nama, brosur, dan poster.

2. Potensi dan Segmentasi Pasar

2.1 Potensi Pasar

a. Penduduk Semarang, perusahaan, instansi, kampus, sekolah, siswa SMP-SMU NASIMA-DIPONEGORO, mahasiswa UNISBANK, UNDIP, UNIMUS, UNAKI, dan mahasiswa UDINUS serta pusat kota Simpanglima yang merupakan kantong massa di Semarang ini, sebagai pasar yang produktif dalam membuat kegiatan yang membutuhkan jasa printing digital.

b. Pesatnya perkembangan teknologi digital saat ini dengan harga yang semakin murah, menyebabkan semakin banyak masyarakat yang memakai dan memanfaatkan teknologi tersebut. Sehingga permintaan akan jasa digital printing akan selalu meningkat.

c. Di era informasi seperti sekarang ini, perusahaan-perusahaan juga akan semakin banyak yang memanfaatkan jasa digital printing dalam memasarkan produk-produknya, karena dapat memesan tanpa minimum order, sehingga dapat memesan sesuai kebutuhan.

2.2 Segmentasi Pasar

Segmen utamanya adalah mahasiswa Unisbank, siswa SMP-SMU NASIMA-DIPONEGORO, pertokoan, perusahaan, serta instansi yang ada di kawasan Simpanglima dan sekitarnya. Serta mahasiswa UNDIP, Udinus, Unaki, dan kampus dan sekolah lain yang berada di sekitar Unisbank.

3. Pesaing dan Peluang Pasar

3.1 Pesaing

No

Nama Pesaing

Produk yang ditawarkan

1

Sigma Creative

Desain grafis dan Printing Digital

2

Mozaic

Desain grafis, Printing Digital, Multimedia

3

Prima Scan

Cetak Digital

4

Derajat Celcius

Cetak Digital

5

Fuji Image Plaza

Cetak Foto Analog dan Digital

6

Bhinneka

Sablon

3.2 Peluang Pasar

Melihat hasil analisis pesaing serta potensi permintaan pasar yang cukup besar, kita masih memiliki peluang yang cukup besar. Dengan pelayanan digital printing tanpa minimum order serta tempat yang strategis bisa menjadi peluang untuk bisa bersaing dengan pemain lama yang ada di pasar.

4. Media promosi yang akan digunakan

Media-media promosi yang akan digunakan melalui;

a. Spanduk

Dipasang di depan tempat lokasi usaha, serta beberapa tempat strategis lainnya seperti , Jl. Majapahit, Jl.Pandanaran, Jl. M.T. Haryono.

b. Surat kabar

Beriklan di iklan kecil dan kerjasama barter promo di surat kabar Suara Merdeka, Jawa Pos Radar Semarang, Wawasan dan Kompas edisi jateng DIY.

c. Katalog

Membuat katalog yang berisi produk dengan ukuran A4 yang didesain dengan menarik dan enak dipandang.

d. Buletin dan Majalah

Kerjasama dengan buletin dan majalah yang ada di semarang seperti majalah Advis, buletin DPU – DT yang terbit secara berkala.

e. Seminar atau Event

Bekerjasama atau menjadi sponsor suatu kegiatan seperti; Seminar, Talkshow dan Diskusi.

f. Manusia

Menggunakan teknik word of mouth (mulut ke mulut), pemberitahuan dari teman ke teman yang lain mengenai usaha yang dijalankannya, serta minta referensi dari pelanggan siapa yang biasa menggunakan layanan printing digital.

g. SMS (Short Message Service) dari Handphone atau Internet

Mengirim SMS kepada teman, saudara, atau kerabat mengenai bisnis printing digital.

5. Target atau rencana penjualan satu tahun

Rencana penjualan selama 1 tahun adalah terjual produk kita sebanyak .

Adapun target kami menjadikan beberapa tahap pencapaian setelah melihat segmen yang kami bidik:

a. Triwulan pertama

1. 40% instansi, perusahaan, yang ada di sekitar Unisbank mengenal dan 15%nya menggunakan produk Smart Digital

2. Pendekatan ke organisasi kemahasiswaan dan kemasyarakatan

3. Membangun brand Smart Digital

4. Promosi besar-besaran di kampus Unisbank

b. Triwulan kedua

1. 65% instansi, perusahaan, yang ada di sekitar Unisbank mengenal dan 25%nya menggunakan produk Smart Digital

2. Pendekatan ke instansi

3. Mempertahankan pelanggan yang sudah ada

c. Triwulan ketiga

1. Mempertahankan target triwulan pertama, kedua dan meningkatkannya

2. Memperkuat brand Smart Digital

3. Pendekatan ke instansi dan perusahaan

4. Mempertahankan pelanggan

d. Triwulan keempat

1. Mempertahankan triwulan pertama, kedua, ketiga dan meningkatkannya

2. Mempertahankan pelanggan

3. Brand Smart Digital benar-benar kuat di kawasan Unisbank dan sekitarnya

4. Persiapan modal untuk penambahan peralatan dan pengembangan usaha

6. Strategi pemasaran yang akan diterapkan

Adapun strategi yang ingin diterapkan menurut konsep Michael Porter, yaitu;

a. Diferensiasi

Kami mencoba meghadirkan bisnis yang berbeda dengan bisnis-bisnis yang sudah ada tapi mempunyai prospek yang bagus, tanpa minimum pemesanan dan juga desain yang tidak hanya kreatif, enak dilihat, tetapi juga desain yang menjual.

b. Tempat

Memilih tempat strategis di sekitar kampus Unisbank.

c. Strategi produk

1. Menyediakan layanan jemput antar untuk pelanggan di dalam kota

2. Melayani pesanan melalui telepon

3. Menyediakan konsultasi tentang desain

4. Memberikan diskon produk

e. Biaya rendah

Strategi ini bukan berarti kami mengurangi margin laba tetapi kami mencoba untuk mempertahankan pelanggan yang lama agar tidak melirik ke produsen lain.

IV. ANALISIS PRODUKSI DAN OPERASI

1. Bahan baku bahan penolong dan peralatan yang digunakan

a. Komputer dengan spesifikasi:

- Intel Pentium IV

- Hard disk 80 GB

- RAM 512 MB

- CD RW

- 3D AGP graphics 64MB

b. Scanner Canon

c. Printer Epson R230 untuk cetak foto

d. Laminating

e. Card Reader

f. Bluetoth

g. Infrared

h. Kertas-kertas:

- Glossy Photo Paper

- Inkjet Paper

- Matte Paper

- Crome coated Paper

  1. Pasokan Bahan Baku

Proses produksinya kami bekerja sama dengan pihak lain;

a. Mitra Kertas, untuk menyediakan kertas

Alamat : Jl Wahid Hasyim Semarang 146-48

Telepon : 024-3567739

b. MasYong Computer, untuk menyediakan peralatan dan aksesoris komputer

Alamat : Jl. Bangetayu Semarang

Telepon : 024-6590863, 70287531

Contact Person : Fadhol, 08157642900 (Owner)

  1. Proses Produksi atau Operasi

a. Rencana persiapan pelaksanaan

Rencana pelaksaan yaitu reaktualisasi potensi dan masalah, persiapan administrasi dan komunikasi, konsolidasi tim serta menghubungi mitra usaha. Lama waktu yang dibutuhkan untuk kegiatan ini adalah satu bulan

b. Reaktualisasi Potensi dan Pesaing

Selang waktu antara usulan kegiatan, maka diperlukan data aktual tentang potensi dan pesaing yang ada di semarang yang menjalankan bisnis printing digital.

c. Persiapan Administrasi dan Komunikasi

Memastikan tempat untuk disewa, mengurus telepon, dan membeli peralatan yang dibutuhkan dalam kegiatan administrasi

d. Menghubungi Mitra Usaha

Mitra usaha berasal dari mereka yang mempunyai bisnis yang berhubungan dengan digital printing.

b. Promosi

Promosi awal dilakukan dengan pembuatan spanduk 2 buah, brosur 500 eksemplar, di depan tempat usaha dan disebar di kampus dan pusat keramaian.

c. Produksi

Pelanggan membawa file/disket/flashdisk/Memory card/ alat penyimpan lainnya untuk selanjutnya diproses di transfer, di edit, atau di cetak dengan printer sesuai permintaan dari pelanggan.

d. Evaluasi

Evaluasi dilakukan pada saat proses produksi selesai, dan evaluasi menyeluruh dilakukan setiap 1 minggu sekali. Evaluasi ini berupa hal-hal teknis yang masih kurang atau perlu diperbaiki lagi, dan evaluasi pelayanan pada pelanggan.

4. Rencana produksi selama 1 tahun (Terlampir)

V. ANALISIS KEUANGAN

1. Investasi yang diperlukan (Kebutuhan Modal disertai perhitungannya)

Proyeksi investasi yang diperlukan dalam pendirian usaha digital printing adalah sebesar Rp. 6.000.000,00 (Enam Juta Rupiah) yang bersumber dari Diknas Jawa Tengah sebesar Rp 5.000.000,00 dan Rp. 1.000.000,00 dari modal sendiri dengan perincian penggunaan sebagai berikut

Digital Printing

Proyeksi Investasi Yang Diperlukan

Dalam Satu Tahun

No

Investasi yang Diperlukan

Frek

Satuan (Rp)

Jumlah (Rp)

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Komputer P IV

Printer Epson R230

Scanner

Mesin Laminasi

Card reader

Bluetoth

Infrared

Meja

Kursi

Alat Tulis

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

3.200.000,00

1.105.000,00

650.000,00

700.000,00

90.000,00

45.000,00

45.000,00

90.000,00

45.000,00

30.000,00

3.200.000,00

1.105.000,00

650.000,00

700.000,00

90.000,00

45.000,00

45.000,00

90.000,00

45.000,00

30.000,00

Total Investasi yang Diperlukan

6.000.000,00

2. Penentuan Harga Pokok Penjualan (HPP)

Digital Printing

Daftar Harga jual Produk

No

Produk

Harga (Rp)

1

2

3

4

5

Cetak Foto Digital

# Ukuran 10 R

# Ukuran 4 R

# Ukuran 3 R

# Ukuran 2×3, 3×4, 4×6

Kartu nama (1box=100 lembar)

# Linen

# Matt

# Ivory 2 muka

Print Kop surat dan Amplop

Print Label dan Cover CD

# Hvs

# Glossy

Print Full Colour Ukuran A4

# Hvs

# Linen

# Ivory

# Matt

# Glossy

10.000,00

2.000,00

1.500,00

750,00

40.000,00

50.000,00

65.000,00

1.000,00

1.500,00

2.000,00

2.000,00

3.000,00

4.000,00

6.000,00

10.000,00

3. Rencana awal dan Neraca Akhir Tahun

3.1 Rencana Neraca Awal

Digital Printing

Proyeksi Neraca Awal Tahun

Aktiva

Passiva

Aktiva Tetap

Peralatan Rp.6.000.000,00

Hutang Lancar Rp. -

Modal

· Modal dari

Diknas Jateng Rp.5.000.000,00

· Modal sendiri Rp.1.000.000,00

Jumlah Aktiva

Rp.6.000.000,00

Jumlah Passiva

Rp.6.000.000,00

Digital Printing

Proyeksi Laporan Perubahan Modal

Akhir Tahun

No

Keterangan

Jumlah (Rp)

1

2

Modal Awal

Laba Bersih

Rp. 6.000.000,00

Rp. 12.020.000,00

Jumlah Modal

Rp. 18.020.000,00

3.2 Rencana Neraca Akhir Tahun

Digital Printing

Rencana Neraca Akhir Tahun

Aktiva

Passiva

Aktiva Lancar

Kas Rp 12.020.000,00

Aktiva Tetap

Peralatan Rp.6.000.000,00

Hutang Lancar Rp. -

Hutang Bank Rp. -

Modal

* Modal Usaha Rp. 18.020.000,00

Jumlah Aktiva Rp. 18.020.000,00

Jumlah Passiva Rp. 18.020.000,00

  1. Rencana Laporan Laba atau Rugi

Digital Printing

Proyeksi Pendapatan Satu Tahun

No

Produk

frek

Harga (Rp)

Pendapatan

1

2

3

4

5

Cetak Foto Digital

# Ukuran 10 R

# Ukuran 4 R

# Ukuran 3 R

# Ukuran 2×3, 3×4, 4×6

Kartu nama (1box=100 lembar)

# Linen

# Matt

# Ivory 2 muka

Print Kop surat dan Amplop

Print Label dan Cover CD

# Hvs

# Glossy

Print Full Colour Ukuran A4

# Hvs

# Linen

# Ivory

# Matt

# Glossy

219

418

314

460

60

83

120

240

264

183

439

512

252

234

110

10.000,00

2.000,00

1.500,00

750,00

40.000,00

50.000,00

65.000,00

1.000,00

1.500,00

2.000,00

2.000,00

3.000,00

4.000,00

6.000,00

10.000,00

2.190.000

836.000

471.000

345.000

2.400.000

4.150.000

7.800.000

240.000

396.000

366.000

878.000

1.536.000

1.008.000

1.404.000

1.100.000

Total Pendapatan 1 tahun

25.120.000,00

Digital Printing

Rencana Laporan Rugi/Laba

Akhir tahun

No

Keterangan

Jumlah (Rp)

1

Pendapatan

Pendapatan Usaha

Biaya-biaya

  1. Biaya Gaji, 4 orang x@100.000×12 bln
  2. Biaya Telepon, 100.000 x 12 bln
  3. Biaya Transportasi, 150.000 x 12 bln
  4. Biaya Promosi, 150.000 x 12 bln
  5. Biaya Sewa Tempat
  6. Biaya Lain-lain

25.120.000,00

4.800.000,00

1.200.000,00

1.800.000,00

1.800.000,00

3.000.000,00

500.000,00

Laba Bersih

Rp.12.020.000,00

VI. PERSONALIA DAN JADWAL KEGIATAN

1. Ketua Tim

Nama : Chandra Dwi M

Nim : 03.01.55.0099

Fakultas : Teknik Informasi

Jurusan : Sistem Informasi

Universitas : Universitas Stikubank Semarang

2. Anggota

a. Nama : Tri Wahono Mukti

Nim : 03.01.53.0145

Fakultas : Teknik Informasi

Jurusan : Teknik Informatika

Universitas : Universitas Stikubank Semarang

b. Nama : Nurrochman Sispriyono

Nim : 04.05.52.0112

Fakultas : Ekonomi

Jurusan : Akuntansi

Universitas : Universitas Stikubank Semarang

c. Nama : Putri Fajar Pitaloka

Nim : 04.05.52..0129

Fakultas : Ekonomi

Jurusan : Akuntansi

Universitas : Universitas Stikubank Semarang

3. Dosen Pembimbing

Nama : Ir. Zuly Budiarso

NIP/Gol/Pangka : YU.2.03.02.057/III C/ Penata

Fakultas : Teknik

Jurusan : Teknik Industri

Universitas : Universitas Stikubank Semarang

4. Kompetensi Sumber Daya Manusia

Usaha Digital Printing ini dikelola oleh 4 orang dengan spesifikasi sebagai berikut:

a. 2 orang dari fakultas Teknologi Informasi sebagai Manager dan Staff Produksi / designer grafis

b. 1 orang dari fakultas Ekonomi sebagai Staff marketing.

c. 1 orang dari fakultas Ekonomi sebagai Staff Keuangan.

Masing-masing personel dalam tim difungsikan sebagai marketer dan membantu

proses produksi.

No

Nama

Jabatan

Kualifikasi

1

Chandra Dwi Martoko

Manager

· Asisten Lab. Komputer Unisbank Semarang 2004-2006

· Manager PR SEMITCOM (Semarang IT Community)

· Menteri Pengembangan SDM Mahasiswa BEM Universitas Unisbank

· Kepala bidang HRD UKM Badan Amalan Islam Unisbank

2

Tri Wahono Mukti

Staff Produksi/

Designer

grafis

· Desainer Grafis pada perusahaan Sigma Creative

· Desainer Grafis di Java’s Grafika

· Desainer Grafis di QQ Graphic

· Peserta kursus desain grafis di AlfaBank

3

Nurrochman Sispriyono

Staff Marketing

· Pengrus MPK SMU 3 Slawi

· Pengurus BEM Fakultas ekonomi Unisbank

· Menteri Sosial BEM Universitas Stikubank Semarang

· Ketua pelaksana rapat koordinasi organisasi Universitas Stikubank

4

Putri Fajar Pitaloka

Staff Keuangan

· Bendahara HMPS akuntansi Universitas Stikubank

· Bendahara BEM Fakultas ekonomi Universitas Stikubank

· Sekretaris OSIS dan Karang taruna

  1. Organisasi

Manager

Staff

Marketing

Staff

Keuangan

Staff

Produksi/designer

a. Manager, bertanggung jawab antara lain:

- Bertanggungjawab atas kelangsungan usaha

- Mengarahkan dan memberi motivasi pada anggota

- Menjalin hubungan kerja dengan mitra bisnis

- Bertanggung jawab untuk mengembangkan usaha

b. Staff Produksi/designer, bertanggung jawab antara lain:

- Bertanggungjawab terhadap kegiatan produksi

- Mendesain sesuai permintaan pelanggan

- Mencatat semua order yang masuk

- Memberikan pertimbangan berkaitan dengan pengembangan usaha

- Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha

c. Staff Keuangan, bertanggung jawab antara lain:

- Mengatur arus kas masuk dan keluar

- Mengatur pemberian kompensasi kepada anggota

- Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai keuangan

- Membantu pemasaran

- Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha

d. Staff Marketing, bertanggung jawab antara lain :

- Bertanggung jawab terhadap kegiatan pemasaran

- Memberikan pertimbangan berkaitan dengan kondisi usaha, terutama mengenai

pemasaran

- Bertanggung jawab atas kelangsungan usaha

6. Jadwal Kegiatan

No

Keterangan

Bulan

I

II

III

IV

V

VI

VII

VIII

1

Persiapan

a. Reaktualisasi potensi pesaing

b. Persiapan administrasi & komunikasi

c. Pembelian peralatan

d. Penataan ruangan

2

Pelaksanaan

a. Grand opening

b. Masa promosi

c. Kegiatan operasional

3

Evaluasi

VII. Rencana Anggaran Biaya

1. Kebutuhan Investasi

No

Investasi yang Diperlukan

Frek

Satuan (Rp)

Jumlah (Rp)

1

2

3

4

5

6

7

8

9

10

Komputer P IV

Printer Epson R230

Scanner

Mesin Laminasi

Card reader

Bluetoth

Infrared

Meja

Kursi

Alat Tulis

1

1

1

1

1

1

1

1

1

1

3.200.000,00

1.105.000,00

650.000,00

700.000,00

90.000,00

45.000,00

45.000,00

90.000,00

45.000,00

30.000,00

3.200.000,00

1.105.000,00

650.000,00

700.000,00

90.000,00

45.000,00

45.000,00

90.000,00

45.000,00

30.000,00

Total Investasi yang Diperlukan

6.000.000,00

2. Kebutuhan Modal Kerja

No

Modal Kerja

Rincian

Jumlah (Rp)

1

2

3

4

5

6

Biaya Gaji,

Biaya Telepon,

Biaya Transportasi,

Biaya Promosi,

Biaya Sewa Tempat

Biaya Lain-lain

4 orangx@100.000×12 bln

Rp. 100.000 x 12 bln

Rp. 150.000 x 12 bln

Rp. 150.000 x 12 bln

4.800.000,00

1.200.000,00

1.800.000,00

1.800.000,00

3.000.000,00

500.000,00

Jumlah Modal Kerja Rp. 13.100.000,00

VIII. DENAH DAN LOKASI USAHA

a. Nama Perusahaan dan Alamat Lengkap

Usaha ini bernama “Smart Digital” yang beralamat di jalan Tri Lomba Juang No.12 Semarang

b. Gambar atau Denah Lokasi Usaha