PROFIL UNIT KEGIATAN MAHASISWA PENALARAN DAN RISET

(UKMPR) UNSOED

A. Sejarah Berdirinya UKMPR

Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset (UKMPR) merupakan salah satu unit kegiatan kemahasiswaan tingkat Universitas. UKMPR ini berdiri dilatar belakangi oleh kondisi mahasiswa yang memiliki nasib yang sama saat menyumbangkan kreativitasnya. Nasib yang dialami adalah kerja sendiri-sendiri saat mahasiswa yang mengikuti kegiatan penalaran mahasiswa dan penelitian mahasiswa yang bersifat kompetitif mulai muncul dimana mahasiswa harus bertanding ke luar Universitas. Padahal minat mahasiswa untuk ikut dalam kompetitif dalam penulisan PKM, LKTM, Essay, dan yang lain telah penigkatan, meskipun belum signifikan. Dari segi kualitas, sebenarnya karya ilmiah mahasiswa Universitas Jenderal Soedirman tidak kalah baik dengan Universitas lain. Akan tetapi, teknik penulisan, format dan aturan main yang belum mengetahui. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pengetahuan terhadap metode dalam penulisan karya ilmiah.

Lambatnya akses informasi mengenai kompetisi yang ditawarkan oleh pihak luar untuk sampai kepada mahasiswa Unsoed. Tentunya hal ini menjadi keharusan adanya suatu kebutuhan yang diperlukan untuk mengkoordinasikan informasi tersebut untuk sampai ke masing-masing Fakultas. Sementara yang sampai sejauh ini menangani adalah birokrasi pusat dibawah naungan minat dan penalaran. Padahal jumlah Fakultas yang cukup banyak dan belum lagi lokasi yang saling berjauhan sehingga keterlambatan informasi dapat terjadi. lambatnya akses informasi mengenai kompetisi yang ditawarkan oleh pihak luar untuk sampai kepada mahasiswa. Sementara yang sampai sejauh ini menangani adalah birokrasi pusat dibawah naungan minat dan penalaran. Padahal jumlah Fakultas yang cukup banyak dan belum lagi lokasi yang saling berjauhan sehingga keterlambatan informasi dapat terjadi.

Persaingan semakin menuntut untuk dapat berkompetitif dengan Universitas lain yang telah memiliki kekuatan secara utuh dalam hal memacu semangat untuk terus berkarya demi peningkatan dan perkembangan kualitas mahasiswa Universitas terkait. Oleh sebab itulah Kami atas nama mahasiswa Unsoed bertekad untuk menjadi pionir terbentuknya suatu lembaga memiliki arahan dan tujuan untuk meningkatkan jumlah karya ilmiah, seni, program pengabdian masyarakat, teknologi, penelitian, kewirausahaan dan penigkatan kualitas, serta peningkatan pencitraan Universitas Jenderal Soedirman ke Universitas-Universitas lain di seluruh Indonesia. Lembaga yang dibentuk dinamakan UKM Penalaran dan Riset Universitas Jenderal Soedirman(Unsoed) yang disingkat UKMPR.

UKMPR merupakan wadah bagi mahasiswa Unsoed untuk menyumbangkan kreativitasnya dalam menghasilkan karya ilmiah. UKMPR ini berdiri berdasarkan Surat Keputusan Rektor Universitas Jenderal Soedirman 023/H23/KM/2008. Berdirinya UKMPR secara resmi berdasarkan SK Rektor adalah 23 Januari 2008. Dasar berdirinya UKMPR ini adalah hasil pertemuan pertama pada Tanggal 14 Agustus 2008 tentang pembentukan suatu wadah unit kegiatan ilmiah tingkat Universitas, Hasil pertemuan kedua pada tanggal 17 Agustus 2008 tentang pembentukan FORUM 17. FORUM 17 ini bertugas untuk merumuskan AD/ART dan memberi nama unit kegiatan mahasiswa di bidang ilmiah. Berdasarkan hasil rapat dari bulan Agustus hingga November 2008, maka terbentuklah unit kegiatan ilmiah tingkat universitas yang diberi nama Unit Kegiatan Mahasiswa Penalaran dan Riset (UKMPR).

UKMPR ini dipimpin oleh seorang Presiden dengan didampingi oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen). Sistem Departemen di UKMPR terdiri atas Departemen Penalaran, Departemen Riset, dan Departemen Pengembangan Organisasi (PO). Masing-masing Departemen dipimpin oleh seorang Kepala Departemen (Kadep).

B. Visi UKMPR

Visi organisasi UKMPR ini adalah sebagai berikut

Ø Terwujudnya Universitas Jenderal Soedirman dalam berkarya ilmiah serta terbangunnya suasana ilmiah.

Ø Terwujudnya UKMPR Unsoed sebagai satu-satunya UKM Universitas dalam menyumbangkan pemikiran dan karya ilmiah yang kompeten.

C. Misi UKMPR

Misi UKMPR adalah sebagai berikut

1. Mencetak kader UKMPR yang kompeten dengan metode ilmiah

2. Mewujudkan konsistensi demi terbentuknya suasana ilmiah dan karya ilmiah

3. Membangun kreativitas dalam berkarya ilmiah yang kompeten

D. Tujan UKMPR

Tujujan UKMPR adalah sebagai berikut

1. Berperan aktif dalam meningkatkan kualitas dan kuantitas penulisan proposal karya ilmiah.

2. Memberikan motivasi kepada mahasiswa untuk menggali potensi diri dalam penelitian dan karya ilmiah.

3. Ikut serta menyumbangkan pikiran dan berkarya dalam penataan kehidupan bangsa

4. Untuk meningkatkan kualitas mahasiswa dalam segi penalaran dan penelitian

5. Melakukan pemcitraan positif Universitas Jenderal Soedirman